6 Langkah Proses Mengaplikasikan Epoxy Lantai

6 Langkah Proses Mengaplikasikan Epoxy Lantai

Pengaplikasian epoxy lantai saat ini sedang populer dilakukan karena bisa membuat tampilan lantai menjadi terlihat lebih bersih dan memiliki permukaan yang mengkilap. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang membutuhkan jasa epoxy.

Pengaplikasian harus dilakukan oleh pekerja yang sudah berpengalaman agar hasilnya bisa memuaskan. Untuk itu pilihlah penyedia jasa yang berkualitas dan memberikan harga epoxy lantai yang murah. Anda bisa mencari beberapa referensi dari kerabat yang sudah pernah menggunakan jasanya atau mencarinya melalui internet.

Langkah dalam Mengaplikasikan Epoxy Lantai

Bagi Anda yang masih pemula atau belum pernah melihat proses pengaplikasian epoxy lantai tentu ingin tahu proses apa saja yang akan dilakukan sebagai langkah-langkahnya. Sebagai bahan rekomendasi, berikut akan dibahas proses pengaplikasian epoxy pada lantai.

  1. Persiapkan permukaan

Sebelum mengaplikasikan epoxy, siapkan permukaan terlebih dahulu. Biasanya permukaan akan diamplas atau di griding terlebih dahulu agar lebih halus dan rata. Pada permukaan yang mungkin terkena minyak maka sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan cairan kimia khusus agar tidak merusak epoxy nantinya. Lantai harus dipastikan dalam kondisi yang bagus dan sudah diratakan sebelum mulai mengaplikasikan epoxy.

  1. Bersihkan lantai dari debu

Agar tidak ada debu yang nantinya menempel ke epoxy, maka lantai harus dibersihkan terlebih dahulu. Dalam  proses ini sebaiknya digunakan vakum khusus yang bisa menyedot semua debu. Jika debu mengendap, maka epoxy bisa rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

  1. Melapisi lantai dengan cat primer

Setelah permukaan lantai sudah dibersihkan, maka proses selanjutnya adalah menggunakan cat primer. Hal ini dilakukan agar lantai bisa memiliki daya tahan yang lebih kokoh dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu lapisan primer digunakan agar permukaan lantai tidak bergelumbung.

  1. Aplikasikan lapisan pertama cat epoxy

Setelah itu kemudian aplikasikan cat epoxy pada bagian lantai. Gunakan mixer untuk bisa mengaduk bahan-bahan hingga rata. Langkah ini sangat penting untuk bisa membuat lantai yang berkualitas. Untuk itu Anda harus melakukan percampuran dengan baik. Jangan sekali-kali mengurangi bahan untuk mencampurnya.

  1. Terapkan cat epoxy dengan menggunakan roller

Agar lebih mudah dalam meratakan bagian cat epoxy, maka sebaiknya gunakan roller. Anda bisa melapisi kembali permukaan lantai selama 24 jam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi retakan atau lubang yang ditimbulkan oleh pengaplikasan sebelumnya. Jika lapisan pertama tidak rata maka lantai bisa di amplas dan diratakan. Sebelum melapisi kembali lantai pastikan lantai telah kering terlebih dahulu.

  1. Aplikasikan lapisan terakhir

Sebagai tahap terakhir Anda bisa membuat lapisan terakhir. Perlu diingat bahwa cat epoxy bisa digunakan maksimal 40 menit setelah pengaplikasian. Untuk itu sebelum memasang lapisan terakhir, pastikan Anda telah menutupi bagian lubang atau retakan yang ada pada permukaan lantai. Dengan begitu pengaplikasian epoxy dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya. Jika Anda mengaplikasikan langkah terakhir dengan baik maka permukaan lantai akan terlihat mengkilap.

Itulah beberapa langkah proses mengaplikasikan epoxy. Setiap penyedia jasa akan menawarkan layanan dan harga epoxy lantai yang berbeda. Untuk itu sebaiknya Anda survei terlebih dahulu dan bandingkan beberapa penyedia jasa untuk bisa mendapatkan yang terbaik. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah mendapatkan penyedia jasa yang berkualitas dengan harga terjangkau. Penyedia jasa yang berkualitas bisa dengan mudah memperkirakan waktu selesainya dan berapa banyak biaya yang akan dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *