Berbagai Macam Ukuran Besi H Beam

Berbagai Macam Ukuran Besi H Beam

Besi h beam merupakan material konstruksi yang berguna sebagai konstruksi awal gedung. Besi merupakan material yang sangat kuat dan tidak tercampur dengan material lain. Besi memiliki sifat korosi yang tinggi sehingga mudah mengalami karat. Hal ini tidak cocok jika digunakan sebagai unsur penopang bangunan. Besi yang berkarat akan rapuh dan tidak kokoh lagi. Hal ini akan membahayakn para pengguna bangunan nantinya.

Baja merupakan benda yang terbuat dari campuran besi dan dan campuran karbon. Hal inilah yang membuat baja memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi. Baja juga menjadi material utama pembuatan h beam sebagai unsur penopang bangunan.

Ukuran besi h beam sangatlah beragam. Pada umumnya, h beam memiliki ukuran dimensi yang sama besar dengan perbandingan 1:1. H beam sendiri terbuat dari baja yang di panaskan lalu dilas. Meskipun namanya besi, h beam terbuat dari baja karena kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ukuran dan Kegunaan Besi h beam

Berbagai Macam Ukuran Besi H Beam

Penyebutan h beam pada besi bukan tanpa alas an. Alasan kuat yang mendasari penggunaan H di awal adalah bentuk dari besi itu sendiri. Besi h beam memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk H. Ukuran besi ini juga sama antara kuping dan lebarnya yaitu 100mmx100mm. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu 1:1.

Besi yang satu ini memiliki kekuatan yang sangat bagus dan tahan terhadap korosi. Hal ini disebabkan oleh bahan penyusunnya dimana h beam sebenarnya terbuat dari baja. Baja memiliki kekuatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan besi biasa.

Kekuatan dan daya tahan yang bagus membuat h beam digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satu kegunaan h beam adalah pada konstruksi bangunan. H beam digunakan untuk pembuatan rangka pada sebuah gedung besar. Gedung rumah tidak menggunakan h beam. Rangka bangunan ini menggunakan h beam agar lebih kokoh dan cepat terbentuk.

Selain gedung, besi h beam juga digunakan untuk pembuatan jembatan. Jembatan digunakan sebagai penghubung dua wilayah yang dipisahkan oleh sungai. Apabila rangka terbuat dari besi dikhawatirkan akan membahayakan pengguannya. Bayangkan saja, jembatan yang terkena air dan terkena berbagai macam cuaca tentu saja sangat rentan rusak.

Besi h beam menjadi solusi cerdas para kontraktor dalam pembuatan jembatan. Besi jenis ini tahan korosi dan tentu saja tahan lama. Jembatan yang dibuat akan awet dan tidak membutuhkan perbaikan dalam waktu dekat.

Beberapa kapal juga memanfaatkan besi h beam. Besi ini memang tahan korosi sehingga cocok digunakan untuk material pembuatan kapal. Badan kapal yang terus menerus terkena air garam akan memudahkan korosi jika bodi kapal terbuat dari besi.

Besi jenis ini memang memiliki beragam kegunaan dan ukuran. Ukuran besi h beam dipasaran  biasanya berkisar antara 100 sampai 400 mm. Besi dengan ukuran ini diproduksi didalam negri. Ada beberapa perushaan penghasil besi ini diantaranya, Gunung Garuda, dan Krakatau steel.

Meskipun begitu, untuk besi ukuran 400 yang bagus biasanya diproduksi oleh luar negri. Para kontraktor lebih memilih besi import untuk ukuran 400. Hal ini dikarena produk impor dipercaya lebih aman dan terpercaya.

Itulah ulasan mengenai ukuran dan kegunaan dari h beam. Demikian artikel ini semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *