Terkenal Akan Kekuatannya, Inilah Cara Khusus yang Diperlukan Untuk Memotong Kaca Tempered

Terkenal Akan Kekuatannya, Inilah Cara Khusus yang Diperlukan Untuk Memotong Kaca Tempered

Kaca tempered merupakan kaca yang luar biasa kuat di mana kekuatannya mencapai 5x lipat dari kaca biasa sehingga kaca ini tidak mudah pecah. Kaca tempered dibuat dari kaca bahan float berkualitas sangat tinggi dengan melalui proses tempering yang ekstrem di mana kaca dipanaskan hingga mencapai titik lunaknya kemudian didinginkan langsung secara cepat. Proses ini yang membuat kaca menjadi kuat dan tahan pecah, jika kaca pecah pun, pecahannya tidak akan membentuk sudut-sudut tajam seperti kaca biasanya, namun lebih tumpul sehingga lebih aman. Selain kuat dalam segi anti pecah dan aman, kaca ini juga memiliki kekuatan thermal di mana ketika kaca jenis lain akan pecah jika ada perubahan suhu yang drastis, kaca tempered tidak akan pecah. Kaca tempered biasanya digunakan untuk pintu, dinding, atau skylight.

Biasanya masyarakat umum membeli kaca di distributor jual kaca tempered dengan ukuran yang telah disesuaikan sehingga tinggal pasang saja. Namun jika ternyata ukuran yang diinginkan tidak sesuai, maka mau tidak mau kaca harus dipotong.

Tips Potong Kaca Tempered Dengan Mudah

Membayangkan memotong kaca tempered tentu sepertinya susah, apalagi karakter kaca yang cenderung kuat. Namun nyatanya tidak sesulit itu, berikut caranya:

1. Alat dan bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan membantu dalam pemotongan kaca seperti alat pemotong, penggaris, triplek,  tali, minyak tanah dan penjepit buku.

2. Alas

Langkah selanjutnya adalah menyimpan kaca yang akan dipotong di atas bidang yang rata sehingga hasil potongan akan presisi. Selain itu jika telah tersedia, gunakanlah triplek yang memiliki ukuran lebih besar dari kaca yang akan dipotong untuk alas sehingga semakin memudahkan dalam memotong.

3. Minyak tanah

Langkah selanjutnya adalah dengan mengolesi bagian kaca yang akan dipotong dengan minyak tanah. Minyak tanah berfungsi untuk mambantu memudahkan pemotongan dan tidak menciptakan bekas goresan alat pemotong pada kaca sehingga hasil pemotongan tampak lebih rapih. Selain minyak tanah sebetulnya tersedia di pasaran minyak khusus untuk memotong kaca, namun jika Anda kesulitan mencarinya, Anda dapat menggunakan minyak tanah sebagai alternatif.

Baca artikel menarik lainnya: Tips Pilih Merek Keramik Terbaik

4. Ukur

Langkah selanjutnya adalah dengan mengukur seberapa besar kaca yang akan dipotong. Anda dapat menggunakan bantuan penggarik untuk menggarisinya. Selain itu jika Anda kurang yakin Anda dapat menggunakan tali yang dibentangkan dari ujung ke ujung untuk memastikan bahwa potongan Anda tidak belok-belok. Untuk semakin memperkuat keyakinan Anda, Anda dapat memasang penjepit buku di masing-masing ujung kaca yang akan dipotong.

5. Potong

Setelah garis yang dibuat pasti lurus kemudian potong kaca tempered menggunakan alat pemotong. Jika ada beberapa bagian kaca yang tidak terpotong secara sempurna, tekan bagian kanan dan kiri secara bersamaan sehingga kaca terpecah dengan sempurna. Selain ditekan, untuk memecah kaca yang belum terpotong juga dapat dengan diangkat bagian kiri dan kanannya secara bersamaan.

Selain tips di atas, Anda juga dapat memotong kaca tempered tanpa menggunakan alat pemotong kaca. Seperti menggunakan gunting, kawat dan string. Namun tentu saja memotong dengan tanpa menggunakan alat pemotong kaca hanya dilakukan oleh ahli.

Memang sebaiknya membeli kaca tempered sesuai dengan ukuran yang diinginkan, karena memotongnya dapat menimbulkan beberapa resiko yang cukup fatal seperti merusak kaca. Anda dapat membeli kaca tempered sekaligus menggunakan jasa pemasang walaupun harga kaca tempered 10mm terpasang dan ukuran lainnya lebih mahal, tapi resiko yang ditimbulkan lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *