Ini Dia Cara Lakukan Pencegahan Serta Penanganan Toren Air di Rumah yang Bocor

Ini Dia Cara Lakukan Pencegahan Serta Penanganan Toren Air di Rumah yang Bocor

Setiap rumah pasti memiliki tempat penampungan air. Ada dua jenis penampungan air atau toren ini dimana rumah modern dengan rumah tempo dulu memiliki jenis toren yang berbeda. Meski begitu, toren pada rumah modern dengan rumah model lama memiliki fungsi yang sama dimana keduanya sama – sama sebagai tempat menampung air.

Namun, meskipun begitu toren biasa dengan toren modern memiliki perbedaan yang nyata dimana toren atau penampungan air biasa ini akan lebih mudah mengalami kebocoran dimana cara mengetahui terjadinya kebocoran bisa dibilang cukup sulit.

Cara Mencegah dan Menangani Toren yang Bocor

Mengingat banyaknya kejadian dimana toren biasa mengalami kebocoran yang tidak dapat diduga – duga membuat kamu sebagai pemilik rumah harus lebih selektif dalam penanganan toren. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari serta menangani toren rumah yang mengalami kebocoran, cara tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Melakukan Pengecekan Toren di Rumah

Cara pertama untuk mencegah toren di rumah anda bocor adalah dengan cara melakukan pengecekan. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mencegah terjadinya kebocoran toren. Tahap pertama dalam melakukan pengecekan adalah kamu bisa menggisi sampai penuh tempat penampungan air. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengetahui apakah benar toner di rumah mu bocor atau tidak, selain itu cara ini dilakukan karena biasanya letak kebocoran pada toner terjadi pada bagian paling dasar tempat pebampungan atau juga bisa terjadi pada bagian pembuangan air.

2. Menangani Kebocoran Toren Akibat Masalah Bagian Pembuangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kemungkinan terbesar toren menjadi bocor karena diakibatkan terjadinya masalah pada bagian pembuangan. Kebocoran yang diakibatkan masalah pada bagian pembuangan adalah dampak dari rusaknya klep karet yang terdapat di ujung penutup sistem pembuangan toren. Oleh karena itu, untuk mengatasi kebocoran toren akibat masalah tersebut bisa dilakukan dengan cara mengantinya dengan klep karet yang baru, atau bisa juga dengan menggunakan waterproofing dimana kamu dapat mendapatkannya dengan mudah karena harga waterproofing ini relatif murah dan mudah ditemui di toko – toko material.

3.  Mengatasi Kebocoran Toren Akibat Kramik Pecah

Salah satu penyebab toren mengalami kebocoran adalah akibat dari pecahnya kramik pada toren. Hal ini tentu saja membuat toren mengalami kebocoran yang lumayan parah. Namun, kebocoran toren akibat pecahnya kramik masih dapat bisa diatasi dimana kamu dapat melakukan penambalan pada kramik yang telah pecah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan semen dan air secukupnya saja. Lalu tambal bagian kramik yang pecah menggunakan adukan semen yang sudah disediakan, untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu hanya perlu menganti kramik yang telah pecah dengan kramik yang masih baru.

4. Mengatasi Kebocoran Toren yang Cukup Parah

Cara terakhir untuk mengatasi kebocoran toren yang cukup parah adalah dengan menganti keseluruhan bagian dari toren biasa ini. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan waterproofing membrane dan harga waterproofing membrane ini cukup bersahabat dan pastinya mampu membuat toren dirumah anda lebih awet terutama tidak terjadi kebocoran. Dalam melakukan pengantian secara keseluruhan terhadap toren ini bisa dilakukan dengan melakukan pembongkarang toren, yang kemudian toren dibuat kembali dengan menggunakan aspek – aspek tertentu yang membuat toren tidak mudah bocor.

Itulah cara bagaimana menangani serta mencegah toren di rumah yang mengalami kebocoran. Kamu dapat mpelajari serta mempraktikannya ketika toren di rumah kamu mengalami kebocoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *