Jenis-jenis Kloset dan Penjelasannya

Jenis-jenis Kloset dan Penjelasannya

Banyak yang beranggapan bahwa perangkat ini merupakan jenis kloset, tetapi itu adalah hal yang salah. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Mengapa demikian? Karena perangkat ini hanya ditemukan di benua Eropa dan Amerika. Perangkat ini disebut bidet. Ingin mengetahui lebih lanjut kedua perangkat ini? Yuk simak penjelasan berikut!

Perbedaan Bidet Toilet dan Kloset

jenis Kloset dan Penjelasannya

Bidet berbentuk bak pencuci yang berfungsi sebagai tempat membersihkan area intim ketika setelah menggunakan kloset. Perangkat ini terbuat dari vitreous china yang membuat tampilannya seperti kloset dan wastafel. Penempatan perangkat ini ada yang digantung di dinding, dipasang di lantai, dan ada juga yang dipasang di badan kloset. Dalam perangkat ini terdapat pengontrol suhu air, sehingga memudahkan kita dalam membersihkan area intim. Kita juga tidak perlu menggunakan tisu lagi untuk mengeringkannya, karena telah terdapat pengering udara di dalamnya.

Sementara kloset adalah alat yang digunakan ketika sedang membuang air. Kloset mempunyai beberapa jenis, diantaranya:

Jenis-jenis kloset

1. Kloset duduk

jenis Kloset dan Penjelasannya

Saat ini kloset duduk sudah mulai banyak dipakai baik di rumah atau di tempat umum. Sebab bentuknya dapat memudahkan semua orang untuk memakainya, khususnya para orang tua. Kloset duduk memiliki beberapa bentuk desain yang berbeda, yaitu:

  • Floorstanding Toilet

Struktur toilet jenis ini berdiri di atas lantai. Keunggulan dari toilet floorstanding yaitu desainnya yang kokoh dan gampang untuk dipasang. Tidak hanya itu, toilet ini memiliki pilihan desain, bentuk, dan ukuran yang bervariasi. Tangki toilet ini ada yang terpisah dan ada juga terpasang dengan badan toilet.

  • Wall-hung Toilet

Toilet jenis ini strukturnya dibuat menempel dengan dinding. Hal itu membuat kloset ini seakan menggantung jika dilihat dari depan. Meskipun terpasang di tembok, toilet ini tidak akan rubuh karena di balik dinding terdapat penyangga dari rangka baja. Penyangga tersebut memiliki berat 150 kg, jadi sangat aman digunakan.

  • Close-coupled Toilet

Jenis toilet ini merupakan toilet duduk yang paling sering dijumpai. Tangki toilet ini digantung di atas bibir toilet, tetapi ada juga yang ditempel di bibir toilet. Close-coupled toilet mempunyai dudukan yang lunak karena terbuat dari plastik, terdapat tombol penyiram ganda, serta tangki dan mangkuknya berbahan keramik. Di bagian belakangnya terdapat pipa buangan.

  • One-piece Toilet

One piece toilet merupakan standar toilet baru untuk saat ini. Jenis toilet ini memiliki dua bagian, yaitu tangki dan mangkuk yang menyatu di badan toilet. Hal tersebut membuat toilet mudah dirawat dan dibersihkan. Untuk instalasinya, tidak berbeda dengan toilet two piece.

  • Electronic Toilet

Semakin maju jaman, semakin canggih juga teknologinya. Hal itu dapat dilihat dari toilet ini yang disajikan dengan fitur teknologi. Kecanggihannya bisa dilihat dari sensor yang akan membuka, menutup, dan membersihkan seatnya secara otomatis. Toilet ini tidak akan membuat tubuh kita kedinginan, karena ketika terdapat penghangat yang akan menyala. Untuk pengering dan sanitasinya dipasang secara sensor dari badan toilet.

2. Kloset jongkok

jenis Kloset dan Penjelasannya

Dibanding kloset duduk, kloset jongkok mempunyai banyak keunggulannya. Diantaranya ialah tubuh kita tidak akan terkena kuman dan bakteri yang menempel di badan kloset, memudahkan penggunanya mengeluarkan kotoran karena otot perut berkontraksi sangat baik, dan melatih kekuatan kaki. Selain itu, dari segi kekurangannya dapat mengakibatkan atritis dan tekanan di lutut jadi meningkat. Kloset ini lebih sering ditemui di negara-negara di Asia, khususnya Asia Tenggara.

4. Kloset urinoar

jenis Kloset dan Penjelasannya

Kloset ini dikhususkan untuk kaum pria. Sistem penyiraman pada kloset urinoar digunakan secara manual maupun sensor. Di dalam toilet, terdapat lebih dari empat urinoar yang dipasang  berderet. Biasanya antara urinoar diberi penyekat, tetapi ada juga yang tidak.

 

Dapatkan harga bidet terbaik hanya di temtera.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *