Kelebihan dan Kelemahan Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan dan Kelemahan Rangka Atap Baja Ringan

Saat hendak membangun rumah, penting bagi Anda untuk mengetahui material apa saja yang akan digunakan untuk semua komponen dari rumah yang akan Anda bangun. Semua komponen mulai dari jenis bata, material lantai, dan termasuk juga jenis atap yang akan digunakan. Atap merupakan salah satu bagian terpenting dari rumah. Dengan adanya atap, penghuni rumah dapat berlindung dari teriknya panas matahari atau terpaan hujan dan angin. Jenis-jenis atap sendiri ada banyak macamnya, mulai dari genteng, asbes, beton, hingga baja ringan.

Rangka atap baja ringan sendiri saat ini sedang populer. Hal ini dikarenakan jenis atap yang satu ini dikenal dua kali lipat lebih kuat dibanding baja konvensional, hanya saja jauh lebih ringan. Komposisinya terdiri dari aluminium, seng, dan sedikit silikon.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Ada beberapa keunggulan yang membuat rangka atap baja ringan dipercaya menjadi pilihan atap rumah yang tepat, diantaranya yaitu:

1. Instalasinya mudah

Seperti namanya, baja ringan memiliki berat yang sangat ringan. Hal ini membuat proses pemasangannya menjadi mudah dan cepat.

2. Mudah untuk Dibentuk dan Disambung

Terkadang desain rumah yang kita inginkan membutuhkan pemasangan atap yang rumit. Keuntungan dari Anda menggunakan rangka atap baja ringan ini ialah baja ringan mudah dipotong dan disambung. Menyambungkannya cukup dengan menggunakan baut, sekrup, keling, atau bisa juga dengan dilas,

3. Awet dan Tahan Lama

Karena kekuatannya, atap baja ringan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan atap kayu yang rentan dengan rayap dan mudah keropos. Materi baja ringan sendiri tidak mudah memuai ataupun menyusut.

4. Anti Karat

Komposisi dari baja ringan membuatnya anti terhadap karat. Hal ini membuatnya tidak membutuhkan perawatan khusus yang memakan biaya lebih.

5. Dapat Didaur Ulang

Baja ringan mudah didaur ulang. Materialnya dapat Anda lelehkan dan diubah dalam bentuk yang lain untuk digunakan sebagai komponen dari rumah Anda.

Kelemahan Rangka Atap Baja Ringan

Walau memiliki banyak keunggulan, harga rangka baja ringan terbilang mahal dibanding jenis atap lainnya. Tentunya ini dikarenakan kualitas yang ditawarkan lebih baik dibanding jenis atap lainnya. Adapun kelemahan lain dari rangka atap baja ringan diantaranya, yaitu:

1. Butuh Tenaga Ahli serta Peralatan Khusus

Dalam pemasangannya, tidak bisa sembarangan orang yang melakukannya. Dibutuhkan tenaga khusus dan berpengalaman untuk melakukan pemasangan atap baja ringan. Instalasi jenis atap ini harus dilakukan dengan benar karena kesalahan sedikit saja dapat berisiko rusak atau roboh.

2. Membuat Estetika Bangunan Berkurang

Pemasangan atap baja ringan harus dilakukan dengan sangat rapat. Namun sayangnya, semakin rapat baja ringan dipasang, estetika dari bangunan justru semakin berkurang.

3. Berisiko Fatal Jika Tidak Teliti

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, instalasi atap baja ringan membutuhkan tenaga khusus yang sudah berpengalaman. Ini dikarenakan pemasangannya rumit dan membutuhkan ketelitian. Apabila ada persyaratan keamanan yang tidak terpenuhi atau adanya salah perhitungan, atap baja ringan dapat roboh. Mau tidak mau, pemasangannya harus dilakukan lagi dari awal.

4. Rentan Dihempas Angin

Pemasangan yang tidak teliti juga berisiko membuat atap baja ringan mudah terhempas angin. Ini juga disebabkan karena materi dari baja ringan itu sendiri sifatnya ringan. Oleh karena itu, hal ini hanya bisa diantisipasi dengan menyewa tenaga ahli untuk instalasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *