Kenapa Pintu Kaca Jadi Pilihan Terbaik? Ini 5 Manfaat yang Ditawarkannya!

Kenapa Pintu Kaca Jadi Pilihan Terbaik? Ini 5 Manfaat yang Ditawarkannya!

Tidak bisa terelakkan bahwa desain eksterior dan interior ruangan selalu berubah dari waktu ke waktu. Material yang digunakan pun sudah tidak melulu itu-itu saja. Hal ini menjadikan fokus utama dari setiap material bangunan yang digunakan tidak hanya untuk kekokohan bangunan saja, namun juga disesuaikan dengan kecantikan tampilan yang ditawarkan. Pada bagian pintu, misalnya. Dulu orang-orang selalu menggunakan bahan material kayu untuk dijadikan pintu. Ini karena kayu mudah didapat dan dikenal kuat dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Lain dengan dulu, lain pula dengan sekarang. Pintu kayu memang masih umum sekali digunakan pada masa sekarang. Namun bagi sebagian orang, pintu kaca lebih menarik. Banyak rumah-rumah yang menggunakan kaca sebagai material pintunya dikarenakan banyak faktor. Selain faktor keindahan dan untuk menyeleraskan tampilan rumah yang diinginkan, pintu kaca sendiri sekarang sudah banyak tampil dengan kekuatan yang tidak kalah dari pintu kayu dan pintu besi. Menariknya, partisi kaca juga sudah bukan sesuatu yang asing lagi sekarang.

Manfaat yang Ditawarkan Pintu Kaca

Pada bangunan-bangunan perkantoran, kita pasti tidak asing lagi jika melihat ruangan-ruangan disekat dengan pintu dan partisi kaca. Hal ini sudah umum dilakukan sebagai bentuk transparansi perusahaan. Selain itu, penggunaan kaca sebagai pintu dan partisi juga membawa banyak manfaat. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Ruangan Terlihat Lebih Luas

Manfaat Pintu Kaca

Percaya tidak percaya, dengan menggunakan pintu berbahan kaca, visualisasi ruangan pada bangunan jadi terlihat lebih luas. Hal ini disebabkan karena kaca bersifat transparan. Kamu bisa melihat ruangan lainnya dari pintu. Oleh karena itu, penggunaan pintu dan partisi kaca sekarang ini sudah umum diterapkan tidak hanya di perkantoran, namun juga kafe, restoran, dan berbagai tempat lainnya. Tidak lain dan tidak bukan untuk membuat bangunan yang sebenarnya sempit terlihat lebih lapang dan tidak sumpek.

2. Pencahayaan di Ruangan Teratasi

Dengan mengaplikasikan pintu kaca, kamu bisa lebih hemat listrik pada siang hari. Hal ini dikarenakan cahaya dapat masuk dengan bebasnya melalui kaca. Kamu akan mendapatkan penerangan yang cukup tanpa perlu menggunakan lampu. Selain itu, interior bangunan dan perabotan di dalamnya jadi tidak lembap.

3. Kinerja Karyawan Jadi Lebih Efektif

Tujuan dari penerapan pintu dan partisi kaca pada gedung-gedung perkantoran adalah untuk meningkatkan efektivitas kinerja karyawan. Bagaimana bisa? Dengan mendominasi ruangan menggunakan pintu dan partisi berbahan transparan, setiap ruangan jadi dapat terlihat dari ruangan lainnya, bukan? Hal ini dapat mempermudah karyawan berkomunikasi dengan divisi lainnya. Selain itu penggunaan kaca sebagai interior menunjukan transparansi dalam perusahaan itu sendiri. Mau memiliki jabatan apapun, semua karyawan dapat saling mengontrol kinerja karyawan lainnya dari balik pintu.

4. Memberikan Efek Tampilan yang Cantik dan Elegan

Jika dibandingkan dengan pintu kayu, pintu kaca justru menawarkan tampilan yang lebih elegan. Saat ini juga sudah banyak tersedia desain pintu berbahan kaca yang menarik. Oleh karena itu, sekarang semakin banyak orang yang menggunakannya untuk interior rumah juga.

5. Biaya Perawatannya Lebih Ramah di Kantong

Pintu kaca sering dipilih karena perawatannya lebih mudah. Pintu kayu perlu dicat ulang setiap satu tahun sekali agar warnanya tidak pudar. Berbeda dengan pintu kaca, kamu hanya perlu rajin membersihkannya dengan pembersih khusus kaca.  Kamu jadi tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli cat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *