Kalau Sudah Terlihat Tanda Ini, Berarti Saatnya Bersihkan Plafon

Kalau Sudah Terlihat Tanda Ini, Berarti Saatnya Bersihkan Plafon

Plafon adalah salah satu bagian penting dalam sebuah ruangan. Buat kamu yang belum mengerti, plafon adalah bagian atas ruangan yang biasanya terdapat lampu atau ornamen penghias lainnya untuk mempercantik interiror ruangan. Bahan plafon bisa bermacam-macam, dan yang paling sering dipakai adalah plafon GRC. Meskipun letaknya di atas, bukan berarti plafon bebas dari masalah. Justru plafon ini harus sering diperhatikan agar tidak mengalami kerusakan atau jebol sehingga estetika ruangan terganggu. Salah satu cara untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan melakukan pembersihan.

5 Tanda Plafon Harus Segera Dibersihkan

Tanda Saatnya Bersihkan Plafon

Pembersihan semua jenis plafon, termasuk plafon GRC, memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Ada waktu-waktu tertentu untuk pembersihannya. Lebih tepatnya, ada tanda-tanda khusus yang terdapat pada plafon yang menunjukkan bahwa plafon harus segera dibersihkan. Bila terus menerus dibiarkan, jangan heran kalau plafon bisa rusak dan akhirnya roboh. Pasti kamu tidak mau hal itu terjadi, kan? Maka dari itu, bila plafon di rumahmu mengalami 5 tanda ini, itu berarti pembersihan plafon harus disegerakan. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Kotoran Sudah Menumpuk Banyak

Plafon sangat berpotensi menjadi tempat bertumpuknya kotoran, mulai dari debu, bercak noda, hingga kotoran cicak. Bila kamu mendapati banyak kotoran di plafon, maka sudah saatnya kamu melakukan pembersihan. Kondisi seperti itu jangan terus menerus dibiarkan agar tidak semakin merusak pemandangan di dalam ruangan. Lakukan pembersihan dengan menggunakan sapu yang panjang atau kain lap untuk menghilangkan noda yang membandel.

2. Terjadi Perubahan Warna

Seringkali plafon mengalami perubahan warna seiring dengan berjalannya waktu. Semakin lama dipakai, maka warna cat pada plafon semakin berpotensi pudar. Jika hal itu terjadi, coba bersihkan plafon terlebih dahulu untuk memastikan apakah warna catnya benar-benar pudar. Karena biasanya bukan warna catnya yang pudar, melainkan akibat tertutup oleh debu dan kotoran. Namun, bila ternyata warnanya memang memudar, ya mau tidak mau kamu harus melakukan pengecatan ulang untuk mempercantik plafon.

3. Menjelang Musim Hujan

Musim hujan harusnya menjadi berkah bagi semua orang, kecuali bagi pemilik rumah yang plafonnya bocor. Plafon bocor biasanya disebabkan oleh sumbatan kotoran pada genteng sehingga air tidak dapat mengalir dengan baik. Atau bisa juga karena genteng berlubang sehingga air bisa masuk ke dalam. Nah, untuk memastikan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu, kamu harus membersihkan plafon sebelum musim hujan tiba selain juga memastikan kondisi saluran air di genteng tetap bersih. Jangan sampai begitu hujan turun, air jadi masuk dan merusak bagian plafon.

4. Ada Bekas Rembesan Air

Baiklah, bila memang air hujan tetap saja bocor dan menimbulkan bekas rembesan, maka sudah saatnya kamu bersihkan plafon. Noda bekas rembesan itu sangat mengganggu pemandangan ruangan. Bila perlu, sebelum rembesannya kering, segera bersihkan agar tidak menimbulkan bekas. Coba deh ingat-ingat kembali, pasti kamu pernah masuk ke dalam sebuah ruangan yang plafonnya ada rembesan air. Itu membuat plafon jadi kehilangan keelokannya. Maka dari itu, bila plafin di rumahmu mengalami hal demikian, jangan tunda lagi pembersihannya.

Itulah beberapa tanda plafon harus segera dibersihkan. Bagaimanapun, plafon adalah unsur penting dari sebuah dekorasi ruangan. Jangan sampai ruangan rumah terkesan kumuh, tidak terawat, dan terabaikan hanya gara-gara plafon tidak dibersihkan. Bila kamu merasa kesulitan untuk membersihkannya sendiri, kamu bisa juga memanggil jasa profesional untuk membersihkannya. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *