Tips untuk Memasang Wallpaper dengan Sempurna

Tips untuk Memasang Wallpaper dengan Sempurna

Anda bosan dengan interior di rumah anda yang itu-itu saja? Wallpaper adalah salah satu pilihan yang tepat untuk bisa membuat interior rumah anda menjadi lebih fresh dan terlihat baru. Namun ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum memasang wallpaper yang anda pilih. Terlebih lagi jika anda belum pernah memasang wallpaper dinding sebelumnya dan tidak ingin menggunakan jasa pemakaian wallpaper. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti warna, ukuran, bahan, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus anda pahami sebelum memasang wallpaper dengan sempurna.

Pilih Jenis Wallpaper Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada beberapa jenis warna dan pola pada wallpaper dinding yang dapat anda pilih. Vinyl adalah pilihan yang tepat untuk area-area yang lembab seperti kamar mandi dan dapur. Untuk tempat-tempat yang cenderung kering seperti kamar tidur dan ruang keluarga, sangat disarankan untuk menggunakan wallpaper non-woven.

Pilih Perekat Yang Tepat Untuk Wallpaper Anda

Ada beberapa perekat khusus yang bisa anda gunakan untuk jenis kertas tertentu dan sangat penting untuk memahami perbedaan antara vinyl dan bahan kertas. Sebaiknya cek terlebih dulu label yang ada pada wallpaper untuk memilih perekat yang tepat.

Tetapkan Ukuran

Anda harus menetapkan ukuran sehingga anda akan mendapatkan kertas ekstra yang bisa anda gunakan. Sangat disarankan untuk memesan dua hingga empat gulung kertas sebagai tambahan jika sesuatu hal terjadi. Beberapa kesalahan mungkin saja terjadi tidak perduli apakah anda professional atau tidak dan toko wallpaper seringkali tidak lagi memasarkan pola tertentu jadi akan sangat baik jika anda membeli ekstra kertas.

Ukuran Sangat Krusial

Wallpaper yang anda beli harus sesuai ukuran karena ukuran dinding rumah anda mungkin tidak akan sama. Selalu pastikan bahwa kertas pertama yang anda gunakan sesuai dengan ukuran. Jika ukuran tidak tepat ketika anda memasang wallpaper di area pojok, sangat disarankan untuk menggunakan meteran.

Mulai Dari Dinding Permukaan Lunak

Sangat penting untuk memulai pekerjaan anda dari dinding dengan permukaan yang paling lunak. Bersihkan dinding yang ingin anda tempelkan wallpaper dan kemudian lap dengan menggunakan busa dan deterjen.

Mengetahui Dimana Anda Harus Memulai

Yang harus anda lakukan adalah selalu mengetahui dimana anda akan memulai pekerjaan anda untuk memasang wallpaper dinding. Jika anda tidak mengetahuinya, bukan tidak mungkin pola yang anda terapkan tidak jelas di tengah dinding.

Jangan Menggunakan Silet Yang Sama

Silet atau cutter akan cepat tumpul, jadi sebaiknya jangan menggunakan silet yang sama dua kali. Pastikan bahwa potongan kertas yang anda ukur sesuai dengan ukuran. Belilah silet atau cutter yang banyak sehingga anda memiliki cadangan jika terjadi sesuatu.

Gunakan Pembersih Wallpaper

Pastikan jika anda menggunakan pembersih wallpaper dan jangan menggunakan sikat. Anda bisa mendapatkan pembersih wallpaper dengan harga murah di beberapa toko-toko jual wallpaper dinding terdekat.

Jangan Panik Jika Muncul Gelembung

Ketika anda memasang wallpaper, udara seringkali terperangkap di antara wallpaper dan dinding. Hal ini seringkali terjadi dan akan menghilang sendirinya karena wallpaper telah menempel dan perekat akan mongering. Jika gelembung tetap terjadi anda tidak perlu khawatir. Yang harus anda lakukan adalah menggunakan peniti atau jarum kecil untuk menusuk bagian yang gelembung. Lalu bersihkan dan ratakan wallpaper dengan menggunakan pembersih wallpaper.

Itu adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika memasang wallpaper dinding. Selamat Mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *